1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Gejala Rheumatoid Arthritis

Thursday, 10 September 2009 11:02

 

Biasanya pasien menyadari hal ini pertama kalinya pada jari-jari tangannya. Pada tahap awal biasanya jarang terjadi pembengkakan sendi, dan pembengkakan ini baru terlihat beberapa bulan setelah timbul rasa nyeri dan kaku.

Sendi yang paling sering diserang pada RA adalah sendi pergelangan tangan dan pangkal sendi buku jari tangan. Meskipun demikian, sendi-sendi lain ditubuh juga bisa terkena yaitu sendi leher, bahu, siku, pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan sendi-sendi kecil di buku-buku jari kaki.

Namun demikian, terkadang hanya satu sendi saja yang terserang, sehingga RA ini sering disalahartikan sebagai penyakit radang sendi lain seperti penyakit gout atau infeksi sendi.

Secara umum dapat disimpulkan gejala RA meliputi sendi meradang, hangat, bengkak, kemerahan dan sangat sakit. Bisa terjadi pada banyak sendi dan simetris, yaitu menyerang bagian kanan dan kiri tubuh. Merasa kaku pada pagi hari. Selain itu gejala sistemiknya adalah demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan anemia.

 

Jika anda merasakan gejala tersebut di atas, ada baiknya anda langsung memeriksakannya ke dokter untuk memperoleh diagnosis yang lebih tepat. Diagnosis penyakit RA didasarkan pada gejala atau gambaran penyakit, pemeriksaan laboraturium dan radiologis.

RA dapat menyerang siapa saja. Dari usia anak-anak sampai dewasa dan semua jenis etnik. Namun, terutama menyerang dewasa muda sampai usia pertengahan. Penyakit ini jumlahnya3-5 kali lipat lebih banyak diderita oleh perempuan ketimbang laki-laki.

Walaupun dapat terjadi pada semua jenis etnik, prevalensi terjadi di Indonesia rendah. Meskipun demikian, RA merupakan penyakit yang sangat progresif dan paling sering menyebabkan kecacatan, disabilitas, handicap, dan dapat menurunkan kualitas hidup. Bila tidak segera diobati, dalam jangka waktu 2-3 tahun akan terjadi kecacatan.
maka bagian kiri juga ikut terkena).

Keadaan penyakit RA semakin lama akan semakin parah, dan dapat sampai merusak sendi secara total, sehingga sendi tidak dapat digerakkan lagim dan mengakibatkan kecacatan. Pnderita RA tidak dapat bebas bergerak karena merasakan kakudan nyeri di persendian dan pada umumnya tidak mampu melakukan kegiatan fisik sehingga menyebabkan penderitaan
berkepanjangan dan menurunnya kualitas hidup.

Peradangan sendi pada RA mengakibatkan sendi menjadi bengkak, sakit, kaku, dan merah meradang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengumuman

Artikel

CHAT